Kelebihan & Kekurangan Dari Beberapa Sistem Operasi



A.      Sistem Operasi Komputer

1.      Linux  

Kelebihan Linux
a)   Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux. 
b)  Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
c)  Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
d)   Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien. Artikel yang menunjang argumen ini: linux dan virus, melindungi windows dari serangan virus mengunakan linux.
e)      Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil riset IDC, pangsa pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25,7 % (dapat dibaca di www.eweek.com)
f)     Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulan lalu, telah dirilis Windows 7. Beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows 7 tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Sehingga, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus (perangkat keras minimum Windows Vista dapat dilihat www.microsoft.com). Atau, bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.

Kekurangan Linux
a)     Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
b)  Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.
c)    Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
d)   Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.
  
2.      Windows 

Kelebihan Windows 
a)     Masih yang paling user friendly penggunaannya dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, karna memang selama ini kita memang di ajari bagaimana menggunakan windows. dan banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan materi komputer dengan menggunakan sistem operasi ini.
b)      Instalasi Software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain.

            Kekurangan Windows
a)   Masih sering kita dengan keluhan tentang banyaknya virus yang sering menyerang sistem operasi ini. Meski sering adaperbaikan dari pihak pengembangnya, tetap saja tidak bisa meminimalisasi gelombang serangan virus.
b)      Komunitas terlalu sedikit, karna memang dia bersifat closed-source.

3.      Mac Os 

Kelebihan Mac Os 
a)   Mac OS Tidak mudah terkena virus. Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga akan memperlambat Anda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya. 
b)    High Performance. Khususnya pada Mac OS X - dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac - dengan kecepatan yang menakjubkan.
c)   User-friendly.Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.

Kekurangan Mac Os
a)   Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
b)  Software di Mac OS tidak begitu lengkap. Pengaruh dominansi Microsoft Windows selama bertahun-tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru. Dasar pemikiran yang sama juga menjadi alasan melimpahnya aplikasi terbaru dengan system requirement Windows.
c)      Biayanya Mahal.
d)      Hanya berguna untuk graphic designer.
e)      Tidak dapat digunakan dalam waktu bersamaan.
f)       Softwarenya tidak lengkap dan tidak cocok bermain game karena tampilannya kurang bagus.

4.      Chrome OS 

Kelebihan
a)      Booting yang cepat pichai menyebutkan bahwa chrome os sama seperti sebuah televisi saat dinyalakan. Tidak memiliki jeda waktu booting yang lama, karena tak memiliki aplikasi lokal yang membatasi ruang gerak hardware.
b)  Masalah keamanan ini diintegrasikan dengan chrome browser. Dengan demikian maka selayaknya browser, os ini akan langsung mengupdate sistem keamanannya secara default. Hal ini masih ditambah lagi dengan penyimpanan data secara fisik dalam storage yang kini dirancang minimalis. Pasalnya semua data dapat disimpan secara online.
c)   Dukung arsitektur x86 dan arm google berjanji untuk mengaplikasikan baik arsitektur x86, arm dan code-code populer bagi netbook lainnya. 
d)   Menu aplikasi buah aplikasi web yang baru kini dapat ditemui dalam menu aplikasi secara permanen pada chrome os ini. Hal ini akan membantu pengguna untuk mencari sebuah aplikasi baru langsung secara online. Selain memudahkan pengguna menu aplikasi ini juga menguntungkan pihak pengembang. 
e)      Akur dengan microsoft office walau microsoft dengan windows-nya merupakan pesaing berat mereka, namun chrome os ini ternyata juga mendukung dijalankannya dokumen office. Saat peluncuran chorme os, pichai juga mendemokan bahwa chrome dapat membuka sebuah dokumen via microsoft office live. Microsoft office live adalah sebuah aplikasi web gratis bagi pengguna windows live.
f)       Sistem Operasi TERBAIK dan definitif  baik untuk Personal Computer dan  Server !
g)  OS Chrome 100% GRATIS untuk penggunaan pribadi dan komersial, tidak ada satu sen untuk membayar!
h)  DUA KALI LEBIH CEPAT daripada Windows XP dan Mac OSX dan TIGA KALI LEBIH CEPAT daripada Vista!
i)        Hampir SEMPURNA Windows XP dan Mac OSX Emulation software built-in!
j)     OS Google chrome bisa menjalankan hampir 99% perangkat lunak ( Software) asli dan  dari SEMUA Windows XP, Vista dan Mac OSX software!
k)  Requirement MINIMAL kebutuhan hardware: 600 MHz processor, 256MB Ram, 1.5GB hard disk space!
l)        Bisa digunakan pada  Tablet PC,  PC dan versi Mobile  juga tersedia
m) Bisa Otomatis PARALEL dengan  kecepatan tinggi  pada pengolahan dengan Dual dan Quad Core prosesor!
n)    Mendukung  multicore
o)   Kemudahan yang sangan fantastis dalam  instalasi, hanya menyalin Google OS pada HDD yang diformat kemudian secara otomatis dia bisa menginstalnya sendiri!
p)     Support dengan format hard disk FAT32, NTFS, Linux
q) Google OS memproteksi kernel, HDD sistem file dan file sistem Google OS STOP dari  semua hampir jenis Virus dan Spyware!
r)  Ratusan software GRATIS dengan men-download termasuk Google OS (Microsoft Office 100% kompatibel!) GoOffice Suite!
s)      Sempurna menjalankan Google Chrome, GMail dan seluruh Google Docs, aplikasi dan layanan!
t)       Tidak ada online dan offline periklanan, NO virus, spyware NO, NO registrasi software bagi pengguna, pokonya  semua GRATIS! 
u)      Di Google OS Chrome tidak terlalu  tampak banyak task bar yang membingungkan.

Kelemahan 
a)   PRIVASI : Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
b)  Celah Keamanan : beberapa pakar confidence menemukan adanya ubang kecil/bugs pada chrome.sehingga ketika membuka suatu halaman website browser ni menjadi crash.lalu Chrome juga memiliki underline download akan otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan Hacker. 
c)      Extensions : pada Chorme tidak dapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan.  
d)      Bahasa : pada chrome menggunakan dalam Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.



5.      UNIX 
Kelebihan
a)      Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client 
b)      pengembangan Java. Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan 
c)      Windows NT. Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis.

Kelemahan 
a)      Harga sistem operasi komersial yang mahal. 
b)      Kecepatan inovasi Linux lama kelamaan mendesak sistem Unix komersial.
c)      Penawaran sistem operasi Unix versi “hampir” gratis tak sebaik sistem operasi Unix komersial.
d)      Driver hardware yang kurang menyenangkan pada versi “hampir” gratisnya.
e)      Sedikit software untuk kantor.


B.      Sistem Operasi Mobile

1.      Blackberry 
Kelebihan 
a)  Daya tarik paling menarik (red: buat orang Indonesia) yaitu fitur Blackberry Messenger (BBM)nya, BBM adalah aplikasi chatting khusus ponsel Blackberry yang tidak bisa saya jelaskan karena saya tidak pernah pakai. 
b)   Kirim kirim E-mail semudah mengirim SMS, dan yang asyiknya semua e-mail masuk dapat di teruskan langsung dan di tampilkan di ponsel. 
c)   Ada Aplikasi Facebook dan Twitter khusus Blackberry (lumayan yang ingin eksis di FB, yang kalo bikin status ada tulisannya melalui Blaclberry -_-) Tampilannya juga lumayan lebih keren lah di banding tambilan FB dari browser. 
d)      Aplikasi Chatting banyak dan lengkap. 
e)    Fungsi Autotext, jadi bisa mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut. Misalnya kita mendefine autotext alamat kita, jadi ketika kita ngetik dan mendekati keyword langsung di ganti dengan text yang udah di define itu secara lengkap. 
f)     Fungsi geotag pada blackberry ber-GPS, membantu foto2 yang kita ambil berisi informasi lokasi foto diambil, bisa dibuat teka-teki, kemana rekan kita berada dengan mengecheck lokasi GPS melalui informasi Geotagnya. 
g)      Akses multimedia Foto, VIdeo, Gambar, dll yang cepat dan mudah 
h)  Keamanan. Kayaknya soal keamanan Blackberry sistem keamanannya lumayan bagus. Pasti sudah tahu kan kalo Ponsel BB punya no. Pin? yang pinnya bisa di lacak lewat GPS kalo misalnya terjadi kehilangan. Selain itu, dengan mengaktifkan fungsi password, dan jika terjadi kehilangan terhadap blackberry, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry Anda, sehingga data penting anda tidak gampang diambil. Terus feature firewallnya sangat effective dalam memblock sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.

Kekurangan 
a)      Pada blackberry qwerty, spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik “HANYA” dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan. 
b)      Seluruh 3rd party software terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak software 3rd party yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card, saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).
c)      Software 3rd party yang terinstall tidak otomatis terbackup saat kita melakukan backup, harus dilakukan trick khusus untuk membackup 3rd party software ini. kecuali anda bersedia menginstall kembali 3rd party software setelah anda melakukan upgrade/downgrade OS.
d)      Buat menikmati layanan Blackberry pastinya perlu bayar, gak ada tuh trik - trik gratisnya apalagi BBM Handler. Dan biayanya beda sama biaya akses data biasa, tahu enggak kenapa begitu? Karena Blackberry memiliki jalur khusus yaitu BlackBerry Internet Service (BIS). Karena layanan ini menggunakan jalur khusus, jadi koneksinya jarang terganggu.
e)      browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi, bagi yang ingin menggunakan klikbca.com misalnya, harus menggunakan 3rd party software MiniOpera untuk mengatasi masalah ini.
f)       OSnya masih tertutup (bukan Open Source) jadi gak mungkin ada HP selain merk Blackberry OSnya Blackberry (hingga tulisan ini di tulis).

2.      Iphone (iOS) 

Kelebihan 
a)      Sulit terserang virus 
b)      User friendly 
c)      Tampilannya menarik 
d)      Tersedia aplikasi yang bagus 
e)      Ukuran memori internal cukup besar 
f)       Multitasking 
g)      Navigasi mudah 
h)      Mendukung GPS

Kelemahan 
a.)      Harga relatif mahal
b)      Memori tidak dapat ditambah sesuai keinginan
c)      Tampilan tidak dapat diubah
d)      Kualitas suara speaker output kecil
e)      Standar aplikasi pengembang sangat ketat 
f)       Tidak support flash (Safari Mobile)

3.      Android 

Kelebihan 
a)    Sistem Operasinya terbuka, di buka, dan buka - bukaan. Inilah maksudanya Open Source, jadi bisa di kembangkan oleh siapa saja 
b)    Akses mudah ke Android Market. Puas download ribuan aplikasi menarik dari Android market secara gratis. Tapi gak semuanya gratis, kaya Antivirus juga yang mesti beli lisensinya kalo mau aktif. 
c)  Multitasking, ponsel Android bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, Jadi anda bisa browsing, SMS-an, sambil dengerin lagu. 
d)      Mudah dalam hal notifikasi : sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bahkan anda tidak akan terlewat dalam hal misscall sekalipun. 
e)      Mendukung semua layanan Google. Karena Android kan memang milik google. 
f)       Beda sama BB, dan iOS yang OSnya cuma nyantel di Blackberry dan Iphone, Android bisa kita temui di HP mana saja. Samsung, HTC, Sony Ericson, sampai Nexian. 
g)   Google mania. Jika pengguna adalah fans sejati Google, maka Android cocok sekali dengan jati dirinya yang Google addict. Semua layanan Google bisa dimiliki dengan satu sistem operasi, yaitu Android. 
h)   Fasilitas penuh USB. Pengguna bisa mengisi baterai, mass storage, diskdrive, dan USB tethering.

Kekurangan
a)      Terhubung dengan internet. Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah pengguna agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan. Jadi jangan berani - berani punya HP android tapi gak punya paket internet unlimited, siap -siap aja pulsa melayang (NB : Kalo kejadian kayak gini jangan heran dan marah marah sama operator lho!!)
b)      lklan. Terkadang, aplikasi yang di download secara gratis dan mudah akan terpampang iklan di dalam aplikasi tersebut. Secara tampilan memang tidak menggangu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada dibagian atas atau bawah aplikasi. Namanya juga gratisan
c)      Perusahaan perangkat kadang lambat mengeluarkan versi resmi dari Android milik pengguna. Meskipun kadang tidak ada perbedaan mencolok dalam hal UI.
d)      Android Market gak 100% aman!, masih terdapat malware. Walaupun sekarang sudah ada fasilitas scannya terlebih dahulu secara online. 
e)      Boros Baterai, Karena OS ini punya banya proccess yang bekerja di balik layar hingga lebih boros baterai.



Daftar pustaka:

powered by Blogger | Converted by Hielmiez